Pembelajaran 2 Dimensi

No

Nama aplikasi

Pengenalan

Kelebihan-kekurangan

1.

Abode Photoshop Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Abode Acrobat  terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. Kelebihan :

  1. Membuat tulisan dengan effect tertentu.
  2. 2. Membuat tekstur dan material yang beragam.
  3. 3. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
  4. 4. Memproses materi Web.

Kekurangan :

Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshopsekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

2.

Corel Photo Corel Draw adalah perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor yang sangat handaldan paling banyak digunakan oleh para disainer grafis untuk membuat dan mengolahobyek dari karya-karya mereka. Corel Draw banyak digunakan untuk membuat logo, peta, poster, iklan , kartun dan lain-lain.Pada awalnya corel draw ini dikembangkan untuk operasi windows 2000.adapun versi corel draw untuk MAC OS pernah diluncucurkan namun karena tak mendapatkan respon positif dari pasar akhirnya produksinya dihentikan. Kelebihan : Artistik media kuas yang dapat digunakan langsung dan sebagai kuas kloning untuk melukis atau repaint menggunakan semua jenis efek lukisan alam serta pilihan yang lebih imajinatif.

  • Layered efek objek dapat diciptakan untuk memanipulasi, komposit, serta menambahkan elemen grafis seperti jenis dengan bayangan drop melalui gambar fotografi.

Kekurangan : Tidak mampu memanipulasi dengan baik setiap pixel pada gambar. Justru ini menjadi kelebihan dari photoshop yang berorientasi pixel base. Sebagai contoh, penerapan tekhnik mask pada illustrator bisa sangat sulit, dan jauh dari sempurna. Namun tidak jika kita menggunakan photoshop, karena memang takhnik mask adalah sebuah tekhnik yang berorientasi pada manipulasi pixel. Begitu pun filter-filter (efek) seperti blur, brush stroke, distort, noise dan sebagainya yang juga berbasis pada pixel.

 

3.

Abode Illustrator Adobe Illustrator di sisi lain adalah program vektor-gambar. Gambar vektor adalah jenis utama lain dari citra digital. Tidak seperti gambar bitmap, gambar vektor terdiri dari titik-titik yang bergabung bersama-sama dengan baris, setiap baris didefinisikan sebagai rumus matematika. Vektor sangat baik untuk menciptakan gambar, yang berisi bagian-bagian besar dari warna yang sama. Jadi misalnya tombol navigasi pada situs web Anda, logo perusahaan Anda, atau pun gambar fotografi non-akan lebih baik dibuat sebagai vektor. Ilustrator adalah vektor premier Dunia alat gambar, jadi jika Anda ditugaskan dengan menciptakan jenis seni ‘datar’, seperti profil perusahaan, termasuk logo, tanda bekerja, dll kop surat, kemungkinan Anda akan menggunakan Adobe Illustrator

Kelebihan:

  • Mudah digunakan.
  • Pembuatan objek dengan path paling mudah digunakan.
  • Antarmuka program dan shortcut konsisten dengan produk Adobe yang lain (Photoshop, InDesign).
  • Kolaborasi yang sangat baik dengan Photoshop, InDesign, Acrobat & Flash CS3.
  • Warna ‘oplosan’ dan gradasi dapat disimpan dengan cepat, cukup drag.
  • Gradient Mesh, untuk membuat lukisan foto-realistik dalam bentuk vektor.
  • Live Paint, fleksibel untuk membuat objek rumit tanpa harus membuat path ulang dan mengisinya dengan warna.
  • Penggunaan Blend tidak sesuai dengan logika kita. Ada langkah yang aneh untuk membuat blend melingkar.
  • Berat, file simpan lumayan besar.
  • Tidak mendukung multiple page (kecuali pada versi terakhir, CS4).

Kekurangan:

 

4.

Indesign Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikaninformasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karenamerupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desainkomunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada prosespembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yangdigunakan (desain).Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut(termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasardesain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan(emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktur 
  • Kelebihan : Mudah didapat
  •  Mudah untuk dikuasai à merupakan pengembagan dari adobe pagemaker, yang sebagian besar telah banyak digunakan dalam desain layout, dan untuyk bermigrasi ke indesign tidak lah susah, karena banyak fitur yang dimiliki adobe indesign hampir sama dengan yang dimiliki adobe pagemaker.
  • Mudah untuk mendapat tutorialnya
    Tutorial indesign sangat mudah didapat, baik dalam bentuk E-book, maupun bentuk fisik, seperti buku-buku yang dijual di Zikra ataupun took buku lainnya.

Merupakan software yang umum digunakan
umum, menjadi kriteria yang patut untuk dikategorikan kenapa kita memilih adobe indesign, ada banyak software layout lain yang juga dianggap umum, namun menurut saya yang paling umum saat ini, yang patut diacungi jempol sebagai software desain layout adalah adobe indesign.

Kelemahan : Hanya digunakan untuk membuat layout, seperti membuat koran, majalah, newsletter dan sebagainya. Adobe Indesign merupakan penyempurna dari adobe pagemaker, jadi kelemahan adobe Indesign tidak dapat diterangkan secara detail. Sedikit kekurangan dari Adobe Indesign disbanding Adobe PageMaker.

5.

Corelldraw Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.

Kelebihan:

  • Amat mudah digunakan.
  • Antarmuka program tidak membingungkan.
  • Penggunaan Blend sesuai dengan logika kita dan fleksibel (ada fasilitas akselerasi blend).
  • Sangat cocok untuk pemula
  • Mendukung multiple page
  • Warna tidak akurat antara monitor dan printer.
  • Gradasi dan warna ‘oplosan’ yang disimpan bersama artwork agak susah diakses.
  • Pembuatan objek melalui path terasa rumit.

Kekurangan:

  • Warna tidak akurat antara monitor dan printer.
  • Gradasi dan warna ‘oplosan’ yang disimpan bersama artwork agak susah diakses.
  • Pembuatan objek melalui path terasa rumit.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s