Pembelajaran 2 dimensi

Perbedaan antara Photoshop, Illustrator dan InDesign.
Siapapun yang telah bekerja dalam bidang Desain Grafis selama 10 tahun terakhir akan tahu bahwa Photoshop, Illustrator dan InDesign adalah program industri perangkat lunak terkemuka. Bahkan jika Anda mengambil majalah apapun dalam kios kemungkinan sangat tinggi bahwa sebagian atau bahkan sebagian besar konten desain akan telah diciptakan menggunakan salah satu dari program ini. Dikembangkan oleh Adobe Systems, program ini batu penjuru Desain Grafis.

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan utama antara ketiga program dan ketika masing-masing digunakan dalam proses desain yang saya kira sebagai bagian dari kebingungan, adalah bahwa tugas-tugas tertentu dapat dilakukan di lebih dari satu program ini. Sebagai contoh Anda dapat menemukanvektor-gambar alat yang tersedia di dalam Photoshop dan InDesign, meskipun Illustrator adalah program vektor dominan menggambar. Kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari ketiga program adalah untuk memahami apa fungsi utama mereka dan bagaimana mereka dapat digunakan bersama-sama.
Oke jadi mari kita melihat setiap program secara terpisah. Kita akan mulai dengan Adobe Photoshop, yang mungkin yang paling dikenal dari tiga. Photoshop adalah perangkat lunak editing gambar profesional terutama digunakan untuk mengedit gambar bitmap dan manipulasi gambar.gambar bitmap adalah gambar, yang didefinisikan oleh struktur piksel mereka. Dengan kata lain bitmap digital dapat dipecah menjadi jutaan piksel kecil dan setiap pixel memiliki atribut sendiri. Gambar bitmap juga disebut sebagai gambar raster. Jenis yang paling umum dari gambar bitmap adalah gambar fotografi. Apakah ditembak di film dan discan ke dalam komputer atau apakah ditembak digital, foto terdiri dari jutaan piksel kecil. Jadi hanya menempatkan Photoshop adalah alat yang digunakan untuk mengedit gambar fotografi. Hal ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal lain tetapi fungsi inti dari Photoshop untuk mengedit gambar fotografi. Jika Anda pergi ke agen koran lokal Anda dan mengambil majalah apapun, kemungkinan sangat bagus bahwa gambar-gambar di majalah yang telah diedit atau diubah menggunakan Photoshop. Kadang-kadang penyesuaian dapat ringan seperti pencahayaan halus atau penyesuaian mengasah, dan lain kali mereka bisa besar seperti menerapkan efek filter atau khusus. Photoshop digunakan untuk retouching – pernah bertanya-tanya mengapa model dan bintang film tidak pernah memiliki selulit atau dagu ganda – jawabannya adalah Photoshop. Gambar dapat terdiri dari beberapa gambar dalam bentuk kolase. Efek ini juga dapat dibuat di Photoshop.

Adobe Illustrator di sisi lain adalah program vektor-gambar. Gambar vektor adalah jenis utama lain dari citra digital. Tidak seperti gambar bitmap, gambar vektor terdiri dari titik-titik yang bergabung bersama-sama dengan baris, setiap baris didefinisikan sebagai rumus matematika. Vektor sangat baik untuk menciptakan gambar, yang berisi bagian-bagian besar dari warna yang sama. Jadi misalnya tombol navigasi pada situs web Anda, logo perusahaan Anda, atau pun gambar fotografi non-akan lebih baik dibuat sebagai vektor. Ilustrator adalah vektor premier Dunia alat gambar, jadi jika Anda ditugaskan dengan menciptakan jenis seni ‘datar’, seperti profil perusahaan, termasuk logo, tanda bekerja, dll kop surat, kemungkinan Anda akan menggunakan Adobe Illustrator. Adobe InDesign adalah keluar terbaru dari tiga program dan tata letak halaman atau program penerbitan. InDesign adalah digunakan untuk menyusun hal-hal seperti brosur perusahaan, dokumen, majalah, newsletter atau iklan. Khusus InDesign adalah bekerja dengan dokumen yang berisi sejumlah besar jenis atau teks. Sering desainer akan menggunakan semua tiga program pada proyek yang sama. Misalnya kita baru membuat beberapa program baru menguraikan jadi kami menggunakan Illustrator untuk membuat logo kami dan beberapa grafis vektor lainnya, kami menggunakan Photoshop untuk menerapkan efek bayangan khusus untuk beberapa gambar bitmap, dan akhirnya kita impor semua elemen dari Illustrator dan Photoshop ke InDesign mana kami menambahkan salinan dan didefinisikan tata letak.
Kualitas desain tinggi profesional benar-benar dapat meningkatkan citra profesional perusahaan. Menggunakan Adobe Creative Suite dikombinasikan dengan beberapa pelatihan profesional dapat memberi Anda alat untuk sukses dalam Dunia kompetitif.

perbedaan yg paling nyata antara photoshop dan coreldraw:
1. photoshop menggunakan sistem layer utk objek2nya sedangkan coreldraw tidak
2. photoshop berbasis pixel. jika objek diperbesar atau diperkecil, kepadatannya berubah (“pecah” ) sedangkan coreldraw berbasis vektor sehingga anda dpt memperbesar atau memperkecil objek tanpa mengubah kepadatannya. akan tetapi, apabila objek yg diolah memang pixel-based, di coreldraw pun tetap akan mengalami perubahan kepadatan. misalnya, anda ingin memperbesar foto (format jpeg). krn format jpeg adalah pixel-based, sekalipun anda memperbesar dg coreldraw, foto akan tetap “pecah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s