Rangkuman Dasar Manajemen dan Bisnis

PERENCANAAN PEMASARAN

Setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya selalu menyusuan rencana kegiatan yang akan dilakukannya dalam rangka pencapaian tujuan usaha yang diharapkannya. Rencana yang disusun memberi arah terhadap kegiatan yang akan dijalankan untuk pencapaian tujuan. Dan rencana tersebut disusun oleh perusahaan / organisasi secara menyeluruh baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Pengertian dan Peranan Perencanaan Pemasaran

Setiap perusahaan atau badan usaha selalu melakukan kegiatan pemasaran, yang merupakan ciri dari aktivitas usahanya. Tidak ada satu badan usaha pun terlepas dari kegiatan pemasaran ini. Baik perusahaan yang berbentuk PT, Firma, CV, Koperasi, BUMN dan lainnya. Kegiatan pemasaran yang dilakukan setiap perusahaan perlu dikoordinasikan. Sedangkan rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran dengan menggunakan sumber daya yang ada disuatu perusahaan.

Perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat memberi manfaat bagi :

1. Usaha untuk mendorong cara berfikir jauh kedepan

2. Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik

3. Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standart prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.

4. Perumusan tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat dilakukan secara lebih mantap

5. Usaha untuk menggairahkan partisipasi dan mempertebal rasa tanggungjawab para pelaksana.

2. Macam-macam Perencanaan Pemasaran

Dalam suatu perusahaan terdapat beberapa macam perencanaan yang berupa :

  1. Perencanaan Pasar Yang Strategis

Perencanaan ini berkaitan dengan perenc

anaan usaha perusahaan, ke arah mana usaha perusahaan akan dikembangkan.

 

b. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan

Perencanaan ini merupakan suatu perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis yang merumuskan berbagai strategis dan program pokok di bidang pemasaran perusahaan yang akan dilaksanakan untuk mencapai  tujuan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Yang dilakukan dalam perencanaan ini adalah : analisa sumber daya dan lingkungan perusahaan, analisa situasi yang mencakup analisa pasar, pengukuran pasar dan analisa produktivitas dan rentabilitas, penetapan strategi perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s