Install WordPress Pada Sebuah Web Hosting

Setelah membahas mengenai cara mengarahkan domain ke server hosting, kini saya ingin membahas cara Install WordPress pada Web Hosting. CaraInstall WordPress pada Web Hosting sebenarnya ada 3 cara yaitu dengan menggunakan simple scripts, Fantastico, dan secara manual. Namun, pada tutorial kali ini yang saya bahas adalah cara menginstall WordPress dengan simple scripts. Kenapa? Karena menginstall wordpress dengan simple scripts lebih mudah dari pada dengan Fantastico. Selain itu, kebetulan juga pada web hosting yang saya gunakan tersedia fasilitas simple scripts.

Dengan simple script, Anda hanya butuh beberapa langkah untuk Install WordPress pada Web Hosting. Anda juga tidak usah membuat database sendiri karena simple scripts bisa membuat database secara otomatis untuk blog wordpress Anda. Selain itu, sekarang ini mungkin sudah sebagian web hosting menyediakan fasilitas simple scripts disamping fasilitas Fantastico.

Dengan simple script, Anda hanya butuh beberapa langkah untuk Install WordPress pada Web Hosting. Anda juga tidak usah membuat database sendiri karena simple scripts bisa membuat database secara otomatis untuk blog wordpress Anda. Selain itu, sekarang ini mungkin sudah sebagian web hosting menyediakan fasilitas simple scripts disamping fasilitas Fantastico.

Langsung saja saya bahas cara Install WordPress pada Web Hosting dengan menggunakan simple scripts. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Cpanel Hosting.

2. Di bagian Software / Services klik “WordPress” atau klik “SimpleScript” dan pilih “WordPress”.

3. Akan muncul tampilan autoinstaller simplescript, dan klik “Install”

4. Pada tampilan berikutnya, pilih versi wordpress yang ingin diinstall. Sebaiknya pilih versi terakhir yang stabil.

5. Pilih nama domain yang akan diinstall wordpress dengan WWW atau tanpa WWW. Bila ingin menambahkan nama domain baru, silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat addon domain.

6. Tambahkan folder bila tidak ingin blog wordpress tampil pada nama domain utama.      Misalnya “blog” sehingga alamat blog akan menjadi “http://www.blog-entrepreneur.com/blog/”.

7. Masukkan nama blog dan Username serta password yang diinginkan. Nama blog, username dan password ini akan dikirimkan melalui email yang terdaftar di hosting kita.

8. Tandai “Automatically create a new database” agar tidak perlu membuat database secara manual

9. Centeng “I have read…” sebagai tanda kita telah menyetujui persyaratan lisensi WordPress yang merupakan Open Source.

10. Klik “Complete”

Sekarang prosesInstall WordPress pada Web Hosting sudah dimulai. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Ketika proses selesai Anda akan diberikat informasi mengenai blog Anda, diantarnya:

  • Site URL: alamat blog Anda.
  • Login URL: alamat url untuk mengakses blog Anda.  Biasanya alamatnya seperti ini : http://www.domainanda.com/wp-admin
  • Username: Username yang diigunakan untuk mengakses dashboard Blog.
  • Password: Password yang diigunakan untuk mengakses dashboard Blog.
  • Sampai disini semua proses instalasi WordPress telah selesai. Kini Anda bisa mengakses dashboard blog Anda untuk melakukan pengaturan seperti menganti tema, memasang plugins atau membuat post pertama Anda.
  • Sekian tutorial cara Install WordPress pada Web Hosting dengan menggunakan simple scripts. Pada artikel selanjutnya, saya akan mengajak Anda untuk melakukan pengaturan lebih lanjut blog WordPress Anda. Semoga bermanfaat dan selamt mencoba!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s