P.O.S (Point Of Sale)

POS (Point of Sale) adalah program khusus yang dirancang untuk mempermudah transaksi penjualan yang dibutuhkan oleh pengusaha pertokoan  dengan menggunakan sistem kasir yang tercatat. Software POS ini terdiri dari dua modul yaitu Modul Kasir dan Administrasi. Modul kasir hanya melayani penjualan. Sedangkan Modul Administrasi digunakan untuk berbagai macam transaksi pembelian dan invetarisasi semua transaksi. Cara Pengoperasian software ini cukup mudah dan dapat menyajikan data yang akurat dalam beberapa jenis laporan (stok, hutang, piutang, customer, supplier, penjualan, pembelian serta laporan keuangan dan lain-lain). Software ini juga mampu memberikan history transaksi secara detail  dan  sistematis  berdasarkan nama kasir hingga ke jam dan jumlah transaksi.

Mengapa POS juga menjadi penting untuk pengusaha. Kali ini kami member contoh dengan usaha Retail, Karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik, namun oleh karyawan. Karena itu pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang didapatkan secara tepat. Para pengusaha retail lama mungkin telah terbiasa dengan mesin kasir elektronik atau disebut Cash Register. Cash Register adalah sistem kasir sederhana yang bisa mengetahui omzet hari ini. Mesin ini juga bisa mengetahui aktivitas uang masuk oleh masing-masing karyawan kasir, jika dipakai oleh lebih dari satu orang. Seiring dengan pesatnya perkembangan komputer, cash register mulai ditinggalkan dengan alasan sebagai berikut:

– Kapasitas penyimpanan terbatas

– Hanya dapat melakukan transaksi POS sederhana

– Tidak dapat digunakan untuk kepentingan lainnya

– Sistem POS terlalu sederhana. Kalaupun ada cash register yang mampu mendukung sistem stok (persediaan), harganya sangat mahal dibandingkan computer

– Tidak dapat di upgrade. Misalnya tidak mendukung sistem Barcode. Kalaupun ada, harganya juga mahal.

– Biaya maintenance tinggi. Jika terjadi kerusakan modul, spare-part jarang tersedia dan harganya mahal.

Karena itu sekarang, sistem POS atau kasir telah digantikan oleh sistem komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun fitur yang disediakan jauh melebihi cash register. Saat ini cash register hanya cocok dipakai untuk counter-counter sederhana yang tidak mempunyai terlalu banyak barang. Misalnya depot di food court, open space counter di mall, atau usaha retail dengan frekuensi penjualan yang rendah. Satu-satunya keunggulan cash register adalah bentuknya yang compact dan mudah dipindah-pindah.

                                           Bagaimanakah cara kerja POS (Point Of sale )

  1.  Transaksi Dengan adanya perangkat lunak pembayaran dengan model Point of sale (POS) para pengusaha bisa memanfaatkan kartu debit atau kredit saat konsumen melakukan pembayaran langsung pada saat transaksi. Terminal POS secara elektronis terkoneksi ke bank milik si pengusaha/pemilik toko, yang pada gilirannya terkoneksi ke financial tracking system dunia. Fitur-fitur perangkat lunak Point of sale yang diperlukan dalam bisnis misalnya menampilkan transaksi dan menghitung pajak penjualan atau diskon. Perngkat lunak POS biasanya memiliki platform inventory-tracking yang bisa segera menghapus item dari inventori pada saat transaksi penjualan terjadi. Para pengusaha restoran/rumah makan bisa menggunakan program lainnya – misalnya aplikasi tracking tempat duduk tamu dan waiting list – yang diintegrasi dengan program aplikasi POS.
  2.  Berbasis-Internet Sistem POS yang berbasis-Internet biasa digunakan pada bisnis yang memiliki multi lokasi. Si pemilik bisa mengakses total harian pendapatan dari semua lokasi dari satu lokasi remote, juga dia bisa mengetahui penjualan harian. Pewaralaba dan pebisnis yang memiliki kantor-kantor satelit juga bisa melacak penjualan dengan sitem POS yang terkoneksi. Sitem POS bisa dikembangkan agar bisa berinteraksi dengan sitem akunting yang sudah ada untuk melacak pengeluaran, payroll dan jam kerja staf, inventori dan pendapatan. Aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan seperti Merchant OS bisa melakukan back-up data tiap malam, unduh katalog supplier, melacak inventori dan pembelian konsumen serta melakukan pengiriman email berisi penawaran-penawaran khusus.
  3.  PerangkatKeras Counter-counter transaksi Point of sale harus bisa mencetak salinan struk pembelian untuk konsumen. Printer dot matrix dan printer thermal (yang memanfaatkan panas) tersedia untuk tujuan ini, namun printer thermal lebih mahal. Printer Thermal bisa mencetak lebih cepat, tidak berisik, dan lebih tahan lama karena lebih sedikit bagian-bagian yang perlu bergerak pada saat mencetak struk. Perusahaan yang memberi layanan pemrosesan kredit seharusnya menyediakan printer-printer ini. Cash drawer terkoneksi ke perangkat lunak POS dan biasanya diatur agar terbuka saat kasir mengakhiri proses transaksi. Cash drawer harus aman dan dibuka secara manual hanya oleh para manajer. Card reader juga terintegrasi dengan sistem POS agar konsumen bisa menggesekkan kartu kredit atau debit nya lalu memasukkan PIN. Card swipe reader umumnya dijual satu paket oleh bank penyedia jasa pemrosesan kredit. Sebagian besar perangkat keras POS juga menyertakan pemindai barcode agar kasir bisa secara elektronik menangkap harga item, yang secara otomatis dimasukkan ke program kendali transaksi dan inventori. Sebagian besar perangkat keras POS yang lain juga bisa dibeli secara terpisah sebagai peranti plug-and-play tambahan.

INTRUKSI MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI POS [Point Of Sales]

  1. Masuk ke dalam program dengan menggunakan Login ID: admin dan Password: admin or ID: user Password: user (case sensitive password) (Login ID dan password ini sudah ada dalam program). Apabila Anda ingin mengganti password atau menambah User dan lain-lain dapat dilakukan dari menu  Utilities.
  2. Isi master Barang dan Pelanggan.Selanjutnya Anda bisa melakukan transaksi penjualan. Pada saat transaksi penjualan, Anda bisa menentukan sendiri harga barang yang dijual. Selisih dari harga barang dan harga jual barang akan dijadikan acuan untuk menghitung laba Penjualan.
  3. Untuk melihat Stok barang dapat dilakukan dari Master Barang.
  4. Anda bisa melihat semua data dari menu Reports. Diantaranya adalah jumlah  barang, jumlah data customer, stock alert dan sebagainya.
  5. Program akan  melakukan backup data secara otomatis di folder D:\BackupPOS(kalau drive D ada) setiap kali program dijalankan.
  6. Backup/Restore dapat juga dilakukan dari menu utilities (backup/restore to/from c:\program files\POS\Backup).
  7. Anda juga bisa melakukan Backup/Restore dari menu Utilities.
  8. Pada menu Utilities, Anda  bisa menghapus data penjualan dengan menjalankan End Year Process.
  9. Versi Trial Cuma bisa dipakai 30 hari.

MENU HELP APLIKASI POS [Point Of Sales]

FORMS :

  1. Olah Data Barang : untuk menambahkan Barang baru, edit, cari, hapus dan browse. Kode max 6 chrt, Nama max 30 chrt, Harga max 8 chrt, Jumlah max 4 chrt.
  2. Olah Data Customer : untuk menambahkan Customer baru, edit, cari, dan hapus. Kode max 6 chrt, Nama max 30 chrt, Alamat max 30 chrt, telpon max 15 chrt dan relasi max 15 chrt.
  3. Transaksi Penjualan: untuk melakukan Transaksi Penjualan baru, dan print. Faktur Penjualan akan terisi secara otomatis, Kode Customer max 6 chrt, Kode Barang max 6 chrt. Pada waktu terjadi Transaksi Penjualan, secara otomatis Data Barang akan berkurang. Pada saat terjadi transaksi penjualan, Anda bisa menentukan sendiri harga jual barang. Selisih dari harga barang dan harga barang sewaktu dijual akan dijadikan acuan untuk membuat laporan laba Penjualan.

REPORTS :

  1. Data Barang : untuk mencetak/melihat seluruh Data Barang.
  2. Data Customer : untuk mencetak/melihat seluruh Data Customer.
  3. Stock Alert : untuk mencetak/melihat data barang yang harus segera dibeli yang jumlahnya dibawah atau sama dengan 10.
  4. Data Penjualan : untuk melihat/mencetak seluruh Data Penjualan.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s