Bimbingan KKP ke 2

ABSTRAK

SMK Islamiyah Ciputat merupakan sekolah yang memanfaatkan teknologi informasi dalam berbagai aspek, seiring berkembangnya zaman maka mutu pelayanan dari Sekolah terhadap siswa harus lebih ditingkatkan guna mempermudah untuk kalangan umum dan siswa dalam memperoleh informasi tentang sekolah maka dibutuhkan suatu system yang dapat memberikan informasi secara mudah mengenai informasi sekolah dan system ini juga dapat membantu untuk system pembelajaran, sehingga bagi siswa yang jauh dari sekolahan dapat belajar dengan jarak jauh. System ini akan di buat dengan menggunakan Dreamweaver, PHP dan My SQL
Keywords : Pembelajaran, online, Website, Online

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Berkembang pesatnya bahan ajar mengajar yang ditunjang oleh perkembangan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dibukanya kesempatan bagi institusi pendidiksn formal, non formal dan informal oleh DIKTI untuk menawarnkan program pendidikan secara jarak jauh dengan memanfaatkan TIK. Istilah Pendidikan Terbuka dan Jaarak Jauh digunakan untuk system pendidikan dimana ada keterpisahan dalam jarak dan waktu antara peserta didik dan pendidik.
Secara umum system PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) didasarkan pada keterpisahan anatar peserta didik dan oendidik dalam ruang dan waktu, pemanfaatan (paket) bahan ajar yang dirancang dan diproduksi secara sistematis, adanya pertemuan tenaga Guru/Dosen dan peserta didik yang tidak terus menerus, antara peserta didik dengan peserta didik, tutor, dan organisasi pendidikan melalui beragam media, serta adanya penilaian dan pemantauan yang intensif dari suatu organisasi pendidikan.
Tik berfungsi sebagai media untuk menyampaikan bahan ajar pelatihan dan memfasilitasi interaksi pembelajaran. Pemanfaatan TIK adalah dalam bentuk pemanfaatan media pembelajaran yang akan berlangsung.
Model pembelajaran PJJ menurut terjadinya perubahan dalam komponen pembelajran dan pelatihan, baik dalam hal aktivitas Guru/Dosen, maupun aktifitas peserta didik, perubahan ini tentunya akan berdampak pad motivasi mahasiswa dalam mengukuti pelatihan dan hasil belajar yang dicapai peserta didik.
Jadi masalah masalah yang harus diperhitungkan selain masalah media yang dipergunakan, instruktur yang memadai, juga masalah proses pelatihan dan pembelajaran.
1.2 Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka identifikasi masalah dalam KKP ini adalah :
1. Model PJJ yang masih beragam .
2. Pengembangan model pembelajaran masih tergantung selera Guru/Dosen.
3. Banyak yang belum familiar dengan system PJJ.
4. Terdapat bermacam macam teknologi yang digunakan dalam menjalankan suatu system online.

1.3 Batasan Masalah
Penulisan laporan pembelajran dan pelatihan secara online ini, sebagai media pembelajaran yang dibatasi hanya mengenai perancangan pembelajaran dan tata cara pelatihan dengan menggunakan secara e-learning.
Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran dan pelatihan online ini, dibuat dengan teknik yang benar, ditampilkan secara menarik dan tentunya konten dari e-learning tersebut mudah mengakses agar para pengguna mendapatkan pembelajaran yang mudah dari system tersebut.

1.4 Rumusan Masalah
Dalam perancangan pembuatan pembelajaran interaktif untuk kegiatan pendidikan terbuka dan jarak jauh ini, ada beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu :
1. Bagaimana cara system belajar mengajar yang ada menjadi lebih baik?
2. Bagaimana caranya agar materi belajar mengajar yang diberikan sesuai dengan target atau sasaranya?
3. Bagaimana caranya supaya system belajar mengajar tidak terputus disaat dosen tidak bisa hadir?

1.5 Tujuan Penyusunan Laporan
KKP merupakan langkah awal untuk mendidik mahasiswa untuk melakukan analisa pekerjaan serta meneliliti bagaimana praktek kerja di lapangan, setelah melakukan KKP, mahasiswa diwajibkan menyusun laporan kegiatan KKP tersebut sebagai pertanggung jawaban,dan penulis menyusun KKPini dengan maksud dan tujuan penelitian yang di antaranya:
1. Sebagai syarat mahasiswa telah melaksanakan KKP.
2. Sebagai syarat mahasiswa sebelum mengikuti mata kuliah tugas akhir (TA)
3. Membantu meningkatkan kualitas belajar mengajar mahasiswa
4. Membantu serta mempermudah dosen dalam memeberikan sebuah materi kepada para mahasiswa agar tersampaikan sesuai targer atau sasaran
5. Mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis digital di AMIK Wahana Mandiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s